Mengenal Beragam Potensi Bahaya

Пов’язане зображення

Hazard yakni segala suatu hal yang bisa berpotensi jadi bahaya bahkan juga accident atau incident. Di beberapa lingkungan kerja dipastikan kita dapat dapatkan hazard itu dengan melakukan identifikasi. Ada cara-cara yang dapat digunakan dalam mengidentifikasi hazard di suatu lingkungan, tetapi kita harus tau dulu ada berapakah pengelompokan hazard berdasarkan pada teori yang ada. Hazard di kelompokkan jadi 5, berdasarkan pada potensi bahaya yang ada. yaitu :

1. Hazard Biologi
hazaard biologi yakni potensi bahaya yang disebabkan dari segi makluk hidup. Biasanya hazard biologi ini berada di lingkungan-lingkungan yg tidak bersih, kotor, dan sebagainya.
contoh dari hazard biologi yakni seperti cacing tambang, cacing tambang dapat buat kaki kita berlubang seperti dikonsumsi oleh cacing itu. Oleh karenanya, dipertambangan dikehendaki selalu memakai APD sepatu safety terbaru agar sebagai menghindar pada hazard biologi.

2. Hazard Kimia
hazard kimia yakni potensi bahaya yang karena oleh karakter dan ciri-ciriistik kimia yang dimiliki bahan itu. Hazard kimia ini sangat memiliki resiko apabila kita tidak menggetahuinya lewat cara detail seperi apa karakter memiliki bahan itu. Pentingnya perlakuan yang intensif pada potensi bahaya ini. contoh dari hazard kimia yakni amoniak yang bercampur di udara karena sifatnya yang memiliki resiko untuk THT pada manusia. MSDS yakni salah satu cara melakukan perlakuan awal pada potensi bahaya yang disebabkan oleh bahan kimia.

3. Hazard Fisik
hazard fisik yakni potensi bahaya yang disebabka oleh segi fisik dari seseorang yang tengah melakukan pekerjaan. Hazard fisik erat sekali jalinan dengan manusia, kitasendiripun terkadang yakni sumber persoalan dari masalah yang terjadi. Managemen kegiata yakni salah satu cara untuk mengatur hazard yang terlihat ini.

4. Hazard Ergonomi
hazard ergonomi yakni potensi bahaya yang karena terjadi karena tidak efisiennya hubungan alat kerja dengan manusianya, biasanya berhubungan dengan tingkah laku kerja manusia dengan alatnya. Disini ini yakni yang menyebabkan juga munculnya penyakit akibat kerja karena beberapa kesalahan dalam tingkah laku penggunaan alat kerjanya. Pekerja juga diharuskan memakai alat pelindung saat bekerja seperti pakaian keselamatan, helm keselamatan, sepatu safety, kacamata safety dan lain-lain.

5. Hazard Psikologi
Hazard psikologi yakni potensi bahaya yang disbabkan terjadinya suatu konfik dalam lingkungan kerja itu. Konflik yang terjadipun sudah terdiri jadi selekasnya dan tidak selekasnya. Psikologi ini dapat yaitu hal penting karena dapat merubah juga bagaimana orang itu bekerja, semakin banyak konflik maka pekerjaan yang di kerjakan semakin tidak efisien dan jadi banyak mengakibatkan persoalan yang terjadi. Ingindaliannya biasaya memakai managemen konflik dan ketetapan disiplin.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s